Mengenal 4 Sifat Rasul Dan Artinya Shiddiq Amanah Tabligh Serta Fathonah, Semua Orang Islam Wajib Tahu!

140
Mengenal 4 Sifat Rasul Dan Artinya Shiddiq Amanah Tabligh Serta Fathonah, Semua Orang Islam Wajib Tahu!

TabloidUmmi.com – Sahabat, Mengenal 4 Sifat Rasul Dan Artinya Shiddiq Amanah Tabligh Serta Fathonah, Semua Orang Islam Wajib Tahu! Adalah Amat sangat penting sekali untuk diri kita. Apalagi sebagai Seorang muslim atau muslimah, itu hukumnya wajib untuk mengetahui 4 sifat rasul dan artinya. Kita ketahui bersama bahwa satu satunya nabi dan rasul yang berani memberikan syafaat kelak di yaumil qiyamah hanyalah baginda kita Nabi Muhammad SAW dan sepatutnya kita tahu akan 4 sifat Rasul dan artinya satu persatu.

Apa saja Sifat Rasul dan Artinya?

4 Sifat Nabi adalah Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh




Nabi Muhammad mempunyai akhlaq serta sifat-sifat yang begitu mulia. Oleh karenanya sebaiknya kita pelajari sifat-sifat Nabi seperti Shiddiq, Amanah, Fathonah, serta Tabligh. Memanglah banyak sifat-sifat baik Nabi yang lain seperti sabar, rendah hati, lemah-lembut, dll. Tetapi disini kita konsentrasi pada sifat yang 4 diatas. Semoga dengan mengerti sifat-sifat itu, terkecuali kita dapat terlepas dari ikuti beberapa orang yang mengakui jadi Nabi, kita dapat juga mengikuti sifat-sifat Nabi hingga kita juga jadi orang yang mulia.

Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang sangat bersopan dalam bertutur kata, jujur, tidak sempat berdusta dan mulia budi pekertinya. Perihal ini pula yang buat kita kagum pada Baginda. Hingga ke hari ini, Baginda SAW dikagumi ramai orang di semua pelosok dunia kerana keperibadian Baginda yang sangat mengagumkan. Michael H. Hart didalam bukunya ‘The 100 : A Ranking of the Most Influential Persons in History’ menempatkan Rasulullah SAW jadi manusia paling punya pengaruh didunia di kelompok 100 orang manusia paling punya pengaruh didalam histori dunia.

Baca Juga:

Beliau memiliki tingkah laku serta akhlak yang begitu mulia pada sesama manusia, terutama pada umatnya tanpa ada membezakan atau melihat seorang dari status sosial, warna kulit, suku bangsa atau kelompok. Beliau senantiasa melakukan perbuatan baik pada siapapun bahkan juga pada orang jahat atau orang yg tidak baik padanya. Oleh kerana itu tidak menghairankan kerana didalam Al-Quran, beliau dikatakan sebagai manusia yang mempunyai akhlak yang paling agung.

“Sesungguhnya sudah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu iaitu untuk orang yang mengharap rahmat Allah serta kehadiran hari kiamat serta dia banyak mengatakan Allah. ” (QS Al-Ahzab : 21)

Nabi Muhammad SAW mempunyai akhlak serta sifat-sifat yang begitu mulia. Oleh kerana itu sebaiknya kita pelajari sifat-sifat Baginda iaitu Siddiq, Amanah Tabligh serta Fathonah.

  • Shiddiq

Shiddiq berarti benar. Tidak cuma perkataannya yang benar, tapi juga tindakannya juga benar. Searah dengan ucapannya. Lain sekali dengan pemimpin saat ini yang umumnya cuma kata-katanya yang manis, tetapi tindakannya berlainan dengan ucapannya.

Tidak mungkin Nabi itu berbentuk pembohong/kizzib, dusta, dsb.




  • Amanah

Amanah berarti betul-betul dapat diakui. Bila satu masalah diserahkan padanya, pasti orang yakin kalau masalah itu juga akan dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Oleh oleh karena itu Nabi Muhammad SAW dijuluki oleh masyarakat Mekkah dengan titel “Al Amin” yang berarti terpercaya jauh sebelumnya beliau diangkat jadi Nabi. Apapun yang beliau katakan, masyarakat Mekkah memercayainya karna beliau tidaklah orang yang pembohong.

“Aku mengemukakan amanat-amanat Tuhanku padamu serta saya hanya pemberi saran yang terpercaya bagimu. ” Al A’raaf 68

Tidak mungkin Nabi itu khianat pada orang yang memberikannya amanah.


Baca Juga:


Saat Nabi Muhammad SAW ditawari kerajaan, harta, wanita oleh golongan Quraisy supaya beliau meninggalkan pekerjaan ilahinya menyiarkan agama Islam, beliau menjawab :

”Demi Allah…wahai paman, kalau mereka bisa menempatkan matahari di tangan kanan ku serta bln. di tangan kiri ku supaya saya meninggalkan pekerjaan suci ku, jadi saya akan tidak meninggalkannya hingga Allah memenangi (Islam) atau saya hancur karena-Nya”……

Walau golongan kafir Quraisy meneror membunuh Nabi, tetapi Nabi tidak gentar serta tetaplah menggerakkan amanah yang dia terima.

Seseorang Muslim harusnya berlaku amanah seperti Nabi.

  • Tabligh

Tabligh berarti mengemukakan. Semua firman Allah yang diperuntukkan oleh manusia, di sampaikan oleh Nabi. Tak ada yang disembunyikan walau itu menyinggung Nabi.

“Supaya Dia ketahui, kalau sebenarnya rasul-rasul itu sudah mengemukakan risalah-risalah Tuhannya, tengah (sesungguhnya) ilmu-Nya mencakup apa yang ada pada mereka, serta Dia mengkalkulasi semua suatu hal satu persatu. ” Al Jin 28

“Dia (Muhammad) bermuka masam serta berpaling,

karna sudah datang seseorang buta kepadanya” ‘Abasa 1-2

Dalam satu kisah dikemukakan kalau firman Allah S. 80 : 1 turun sehubungan dengan Ibnu Ummi Maktum yang buta yang datang pada Rasulullah saw. sembari berkata : “Berilah panduan kepadaku ya Rasulullah. ” Pada saat itu Rasulullah saw. tengah hadapi beberapa pembesar golongan musyrikin Quraisy, hingga Rasulullah berpaling daripadanya serta tetaplah mengahadapi pembesar-pembesar Quraisy. Ummi Maktum berkata : “Apakah yang saya katakan ini mengganggu tuan? ” Rasulullah menjawab : “Tidak. ” Ayat ini (S. 80 : 1-10) turun jadi teguran atas perbuatan Rasulullah saw.

(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi serta al-Hakim yang bersumber dari ‘Aisyah. Diriwayatkan juga oleh Ibnu Ya’la yang bersumber dari Anas.)

Sebenarnya apa yang dikerjakan Nabi itu menurut standard umum yaitu hal yang lumrah. Saat bicara dimuka umum atau mungkin dengan seorang, pasti kita tidak sukai diinterupsi oleh orang yang lain. Tetapi untuk standard Nabi, itu kurang. Oleh oleh karena itu Allah memberinya teguran.

Jadi seseorang yang tabligh, walau ayat itu menyindirnya, Nabi Muhammad tetaplah mengemukakannya pada kita. Tersebut sifat seseorang Nabi.

Mustahil Nabi itu Kitman atau sembunyikan wahyu.

  • Fathonah

Fathonah berarti Cerdas. Tidak mungkin Nabi itu bodoh atau jahlun. Dalam mengemukakan 6. 236 ayat Al Qur’an lalu menerangkannya dalam beberapa puluh ribu hadits memerlukan kecerdasan yang mengagumkan.

Nabi mesti dapat menerangkan firman-firman Allah pada kaumnya hingga mereka ingin masuk kedalam Islam. Nabi harus juga dapat berdebat dengan beberapa orang kafir lewat cara yang sebaik-baiknya.

Terlebih Nabi dapat mengatur ummatnya hingga dari bangsa Arab yang bodoh serta terpecah-belah dan sama-sama perang antar suku, jadi satu bangsa yang berbudaya serta berpengetahuan dalam 1 negara yang besar yang dalam 100 th. lebih dari luas Eropa. Negara itu membentang dari Spanyol serta Portugis di Barat sampai India Barat.

Itu semuanya memerlukan kecerdasan yang mengagumkan.




Sekian pembahasan singkat tentang Mengenal 4 Sifat Rasul Dan Artinya Shiddiq Amanah Tabligh Serta Fathonah, Semua Orang Islam Wajib Tahu! Semoga bermanfaat dan menambah tingkat ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT. semoga kita termasuk ummat yang mendapatkan syafaat kelak di yaumil Qiyamah, Amin.

diTulis oleh: Ustadz Mansyur Arifin


Baca Juga:

Paling Banyak Di Cari:

-shidiq artinya-sifat rosul-