Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam
Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam

Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam

Posted on

Cara Mendidik Anak Yang BaikTabloidUmmi.com. Salam Bapak / Ibu dimanapun Anda berada. Kami dari disini sedikit mengulas tentang Bagaimana sih Cara Mendidik Anak yang Baik itu? Beberapa unsur Pendidikan akan kami ulas juga tentang Kepintaran kita dalam mendidik, Kesabaran kita dalam mendidik dan Tingkat kebenaran kita dalam membimbing anak Tentunya menurut Versi Islam. Bacalah sampai selesai sehingga Anda mampu memahami dan menerapkannya dengan baik dan benar ya Bapak Ibu.

Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam

Sebelum kami jelaskan tentang versi Islam, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kepada Anda Cara Mendidik yang benar Versi Psikolog. Berikut Penjelasannya:

Tantangan nomor satu orangtua yaitu membesarkan si kecil lewat cara mendidik anak yang baik serta benar serta diinginkan ke-2 pasangan. di Perpustakan Kemendikbud memberikan arahan bahwa Ini karna hal yang di ajarkan pada anak mulai sejak awal dapat menempel sampai ia dewasa.

Langkah Mendidik Anak Yang Baik serta Pintar

Tiap-tiap pasangan pasti memiliki langkah mendidik yang berlainan pada anak. Menurut psikolog di Indonesia, Diana Baumrind, orangtua memiliki tiga style alur asuh. Manakah sebagai style alur asuh Mam serta Pap?

Otoriter

Ini yaitu style yang sangat ketat. Orangtua mengambil keputusan ketentuan dengan keinginan anak-anaknya dapat ikuti ketentuan itu. Bila tidak ikuti ketentuan, anak-anak umumnya juga akan memperoleh hukuman.

Orangtua yang ikuti style ini umumnya tidak berdebat atau membahasnya terlebih dulu dengan si kecil. Anak-anak juga akan ditarik serta mungkin saja tidak bisa berfikir untuk diri mereka sendiri. Ini karna mereka tidak sempat di beri peluang bicara serta keluarkan gagasannya.

Bila ini yaitu style alur asuh Mam, cobalah ajak si kecil agar bisa keluarkan ide-ide serta pendapat. Bila si kecil tidak mengerti mengapa mereka mesti disiplin, cobalah terangkan apa argumen Mam mengambil keputusan ketentuan itu.


Baca Juga:


Demokratislah dalam Mendidik Anak

Style pengasuhan begini mengambil keputusan ketentuan serta dasar untuk anak-anak mereka, tapi tidak otoriter. Orangtua tambah lebih terbuka untuk dengarkan pengucapan anak serta mengerti keperluan mereka. Bila tidak mematuhi ketentuan, anak-anak juga akan ditegur lewat cara halus serta tidak memakai kekerasan.

Walau memonitor serta mengawasi tingkah laku anak-anak, orangtua akan tidak ikut serta dalam kehidupan anak misalnya ketika mencari rekan. Orangtua baru juga akan ambillah langkah bila merasa anak dalam kondisi bahaya. Alur ini dipandang jadi style pengasuhan paling baik serta paling umum dikerjakan.

Serba membolehkan dalam Mendidik Anak

Anak-anak yang di besarkan dalam style permisif juga akan tunjukkan kecenderungan manja serta mengganggu. Anak akan relatif berperilaku jelek bila tidak memperoleh apa yang dikehendaki. Ini karna orangtua dengan type begini tidak mengambil keputusan batasan atau ketentuan.

Walau ada ketentuan, anak umumnya juga akan tidak mematuhi. Bila ini jadi style alur asuh Mam, buat ketentuan yang perlu dipatuhi anak serta janganlah menyerah. Kadang-kadang Mam dapat menghadiahkan pada si kecil bila ia berperilaku baik. Hal semacam ini bagus untuk waktu depan si kecil ketika hadapi “dunia nyata” ketika tidak kebanyakan orang dapat memperlakukan dia seperti Mam.

Sekarang, kami memberikan Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam

Dalam Kajian ini Anda akan diberikan penjelasan Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam yakni dengan bimbingan Ustadz Afif Firmansyah, Lc. Beliau adalah lulusan di Universitas Madinah yang saat ini sedang banyak sekali Job mengajar dan Ceramah di beberapa radio di Surabaya. Langsung saja Bapak Ibu, Perkenalkan saya Afif Firmansyah disini saya akan memberikan wacana dan Arahan sedikit tentang Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam.

Buku kecil ini saya dapatkan waktu menata kembali tumpukan buku yang sangat terpaksa diungsikan diatas plafon tempat tinggal karna banjir tempo hari. Buku ini pas sekali jadi pengetahuan langkah mendidik anak menurut Islam.

Buku ini adalah bonus dari satu buku dengan judul “Cara Mengetahui Allah dengan Langkah yang Mengasyikkan. ” Hmmm… terdengar sangat bagus jadi tips langkah mendidik anak menurut Islam, bukan?

Ingat karna belum juga membacanya, saya hentikan kesibukan beres-beres serta membaca sesaat buku mungil ini. Banyak hal yang berada di dalamnya telah umum atau sering kita dengar.

Namun jadi pengingat, ijinkan saya sharing mengenai langkah mendidik anak menurut Islam ini dengan Anda, pembaca theAsian Parent Indonesia.

Pesan-pesan Rasullullah mengenai tata langkah mendidik anak menurut Islam

Sesuai sama judulnya buku ini diisi mengenai tata langkah mendidik anak sesuai sama sabda Rasullullah bersama butir-butir cuplikan dari beberapa Imam manfaat memperjelas sabda Nabi itu.

Memperkenalkan serta mendidik anak mengenai Tauhid

Rasullullah SAW bersabda : “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kalinya dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Serta waktu mereka akan wafat dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah”.

Sebenarnya barangsiapa awal serta akhir perbincangannya “Lailah-illallah”, lalu ia hidup sepanjang seribu th., maka dosa apapun, akan tidak di tanyakan padanya. ” (sya’bul Iman, juz 6, hal. 398 dari Ibn abbas)

Berdasar pada Hadist Nabi diatas, maka, dalam kitab Al Amali hal. 475, Imam Al Baqir serta Imam ash Shadiq ra berkata ; bagian untuk memperkenalkan Allah pada anak yaitu :

  1. Pada umur 3 th., sampaikan padanya kalimah Tauhid, “Laila ha illallah” sejumlah tujuh kali.
  2. Pada umur 3 th. 7 bln., sampaikan padanya kalimah “Muhammad Rasullullah. ”

Lakukan Pendidikan anak diMulai tentang Shalat

Tetap dalam kitab yang sama, Imam al Baqir serta Imam ash Shadiq ra menjelaskan bagaimana semestinya kita memperkenalkan serta mendidik anak mengenai salat.

  1. Sesudah anak umur 5 th. serta sudah mengerti arah, maka cobalah tanyakanlah mana bagian kanan serta kirinya. Lantas sampaikan kepadanya arah kiblat serta awalilah mengajaknya salat.
  2. Pada umur tujuh th. bawalah ia untuk membersihkan muka serta ke-2 telapak tangannya serta minta kepadanya untuk lakukan salat.
  3. Tata langkah berwudhu dengan penuh bisa di ajarkan pada umur 9 th.. Keharusan untuk lakukan salat dan pemberian hukuman apabila meninggalkannya telah dapat diaplikasikan pada umur ini. Pada umur ini anak umumnya telah pintar mengerti juga akan posisi, ketentuan serta tata teratur.

Hak anak dalam pendidikan

Terkait dengan pendidikan agama, ada banyak hal yang perlu orangtua kerjakan pada lain

  1. Memberi nama yang baik.
  2. Diakikahkan serta dipotong rambutnya (semakin lebih baik dikerjakan pada hari ke-7).
  3. Ada hak anak yang tertambat pada ayahnya yakni memperoleh pengajaran budi pekerti yang mulia, menulis, serta latihan fisik yang menyehatkan tubuhnya dan diwarisi harta yang halal.

Mengenai bebrapa beribadah serta amalan lainnya

Waktu anak mendekati umur baligh, maka harus untuk orangtua untuk mengenalkannya dengan puasa dan mewajibkan salat. Diluar itu juga memerintahkan kepadanya untuk mencari pengetahuan, menghafal Al-Qur’an, apabila tidak dapat maka perintahkan kepadanya untuk mencatat.

Subhanallah, begitu indah tuntunan yang sudah Nabi beri untuk mendidik anak kita. Jadi penutup tersebut disini keterangan Imam Ali Zainal Abidin dalam kitab Risatul Huquq.

“Adapun hak anakmu yaitu, kenalilah kalau ia datang darimu. Serta semua kebaikan serta keburukannya didunia, dinisbatkan padamu. Engkau bertanggungjawab untuk mendidiknya, menuntunnya menuju Allah serta membantunya untuk menaati perintah-Nya.”

“Maka, perlakukanlah anakmu seperti perlakuan seorang yang ketahui kalau andaikata ia melakukan perbuatan baik pada anaknya, pasti ia juga akan memperoleh pahala serta andaikata ia melakukan perbuatan jelek pasti ia juga akan peroleh hukuan. ” (Al Khislal, hal. 568)

Sekian Bapak Ibu yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga Bahasan tentang Cara Mendidik Anak Yang Baik, Pintar, Sabar dan Benar Dalam keluarga Menurut Islam ini bermanfaat untuk Anda dan Keluarga Anda. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Penulis Tim Tabloid Ummi & Ustadz Afif Firmansyah, LC


Baca Juga:

Paling Banyak Di Cari:

-kata kata rasa kesal-kata menyentuh hati wanita muslimah-kata sindiran buat pacar yang sibuk-orang apa yang paling kesal-